2 December 2015

Mengatasi Error 404 Not Found Pada Framework Codeigniter Ketika di Hosting



           Awalnya ketika saya mau mencoba versi Framework Codeigniter versi terbaru , ketika kami menulis ini pada versi 3.0.3 . Website sudah jadi dan saya ingin Hosting-kan di salah satu server hosting Indonesia. Nah aneh nya ketika upload sudah selesai , website saya tidak bisa dibuka dan muncul error 404 Not Found . Nah pasti bingung , kenapa dengan web saya padahal di local komputer saya ok-ok saja, sedangkan Setting configuration nama domain dan database juga sudah benar , apa yang salah????

        Saya coba pun nyari-nyari di Google , dan gak nemu juga. Setelah itu saya coba-coba edit sana edit sini (pake view edit filezilla). Akhirnya nemu juga. Nah di bawah ini saya coba jelaskan.

Nah kenapa Not Found ?
        Simple saja karena masalahnya terletak di penamaan class controller. Kita tahu bahwa pada Codeigniter sebelumnya ketika kita membuat class sebuah controller , nama awal file (ex: iniclass.php)  berhuruf kecil , dan nama class-nya harus berawalan huruf besar ( ex: class Iniclass extends CI_Controller {... ).

         Karena kita sudah terbiasa dari versi yang sebelumnya bahwa menamai file class controller nya memakai huruf kecil di awal dan nama classnya memakai huruf besar diawal. Bedanya versi Code igniter yg terbaru ini ,pattern penamaan file class controller-nya harus besar diawal dan nama class nya jg besar (jadi SAMA , kalau di C.I sebelumnya kan berbeda) . Dan pemanggilan class (mungkin di route.php) dengan huruf kecil semua (ex: $route['default_controller'] = 'iniclass'; ).

Jadi kenapa ?? ya karena si C.I ini tidak bisa memanggil class tersebut karena nama huruf file class controller awal nya kecil atau bisa di bilang class yang dipanggil tidak ada . jadi si C.I tidak memnukan class yang dipanggil dan akhirnya tidak terindex oleh si C.I nya, mangkanya Notfound.

Gimana solusinya ??
Sesuai diatas, ya rubah semua nama file class controller-nya menjadi  besar diawal.
Masalah simple (karena tidak membaca log release) dan penyelesainnya juga sangat mudah, tapi menemukan nya yang susah :'D ...

Ok sekian , maaf kalau tulisan saya ribet. Karena menulis itu susah -_- .
Salam.

6 comments:

  1. gan bisa minta kontaknya gak?
    ane dapat masalah seperti ini, bisa chat langsung untuk perbaikan nya.
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. kalo pake server nginx walaupun awal hurup besar tetap 404

    ReplyDelete
  3. Punya ku msih tetap error meskipun dah ganti help. Me

    ReplyDelete
  4. punya ane juga gan, mohon bimbingannya punya ane pdahal run di localhost jalan semestinya, knpa pas udah hosting error 404 yaa..

    ReplyDelete
  5. saya mau tanya gan, kan saya install server di andro trus pake ci, kalo di pc ga ada masalah, tp kok yg di andro 404?

    ReplyDelete
  6. Ka gimana ya saya membuat aplikasi poin of sale berbasise web , ketika mau melakukan pembayaran kan harusnya mengarah ke transaksi tapi pas di klik malah terjadi eror 404. Mohon bantuanya ka terimakasih

    ReplyDelete